Thursday, March 31, 2016

ARTIBEAUTE - Toko Online Pipito

Assalamualaikum teman-teman semua,

Saya mau berbagi cerita dikit soal Toko Online yang sudah saya bangun sejak akhir Maret 2014 lalu di Instagram. Nama tokonya Artibeauté, berasal dari kata Arti (bahasa India) artinya wanita/perempuan. Beauté saya ambil dari bahasa Perancis yang artinya kecantikan.

Sebenarnya, Artibeauté ini toko saya yang kedua. Pertama, namanya Artipito :D produknya berupa dompet & tas-tas import. Waktu itu msh jadi dropshipper. Ambil barang dari supplier, trus dikirim ke alamat pelanggan :D produknya berupa dompet & tas-tas import. Waktu itu masih jadi dropshipper. Ambil barang dari supplier, terus dikirim ke alamat pelanggan.

Jalan beberapa 5-6 bulan, akhirnya saya buka toko kedua, Artibeauté. Sengaja saya bedakan tokonya, karena produknya juga beda. Artibeauté isinya produk skincare khusus brand JAFRA, sampai sekarang juga masih melayani pesanan produk tersebut.
Logo Artibeaute
Karena ngerasa omset lebih banyak dipenjualan skincare akhirnya saya putuskan fokus di Artibeauté. Alhamdulillah banyak sekali pengalaman pahit manisnya. Cerita dimaki-maki customer lah, hape buat operasional yang rusak lah, kiriman bermasalah lah sampai ketemuan langsung dengan pelanggan juga jadi cerita sendiri.
ig | @artibeaute
Saya juga nggak pernah nyangka juga kalau sampe sekarang ada beberapa pelanggan yang setiaaaa banget belanja di toko saya. Mereka ada yang dr Sumatera, Kalimantan, NTT bahkan Papua. Saya berusaha dengan keras gimana caranya para pelanggan setia saya ini tetep nyaman dengan layanan di Artibeauté.

Saking senengnya dengan urusan Customer Service tadi, saya niat bikin logo sendiri sampe urusan disain shipping tag juga saya sendiri yang oprek-oprek. Yah walopun ga seOK garapan para graphic designer sih, tapi alhamdulillah iso garap dewe. Hitung-hitung penghematan biaya operasional :D

Dari produk skincare Jafra tadi, 6 bulan terakhir ini saya lebih fokus selling & promoting produk Moment. Saya akui, langkah STARTUP saya di Moment terbilang lamban. Baru-baru ini saya konsisten & persisten (apa coba?) menghidupi bisnis Moment ini.

Buat saya nggak ada kata terlambat. Kalau kita sudah mulai, kita wajib bertanggung jawab untuk menuntaskan. Nyemplung sekalian basah kuyup.


Kalau saya dulu nggak kepepet sama urusan biaya sehari-hari mungkin saya nggak bakalan buka toko online. Yup, alasan saya buka ‪#‎OnlineStore‬ itu murni karena pengen ada tambahan uang di dompet. Kalau teman-teman sempat baca timeline Facebook saya tentang "2 TIPE PEBISNIS HARI INI" pasti pada sepakat saya masuk kategori "Jadi Pebisnis karena Terpaksa oleh Situasi" :D

Percaya nggak, karena dari berbisnis online ini saya baru sadar kalau bakat jualan itu bisa nongol karena faktor keterpaksaan. Kalau saya nggak jualan online, saya nggak makan. Gimana dong? Masa mau cari hutangan buat ngisi perut. Terus otak, tangan dan kaki saya mau ditarok dimana kalau nggak mau diajak gerak melakukan sesuatu?!

Intinya, berkat situasi kekurangan uang tadi saya jadinya maksa otak saya biar nurut sama "majikannya". Walhasil, alhamdulillah saya bisa menghidupi keperluan sehari-hari dari jualan online. Dan alhamdulillah juga suami saya juga mendukung penuh kegiatan saya berbisnis online ‪#‎bisnismoment‬.

Saya yakin, berbisnis itu adakalanya naik, adakanya turun. Jadi kalau baru berapa waktu saja kita sudah nyerah, mau melakukan apapun juga nggak bakalan kelihatan hasilnya. Kalau kemarin saya nyerah karena sepi orderan, mungkin Artibeaute sudah tutup.

INGAT, para pebisnis besar hari ini "KAYA" bukan karena simsalabim abrakadabra. Mereka tekun, konsisten dan sabar dalam proses mendulang hasil. Coba perhatikan para pedagang pinggir jalan yang jualannya nggak pernah sepi, mereka disiplin menghidupi bisnis mereka. Mereka tekun, mulai dari masak, nyiapin peralatan jualan, sampe urusan bongkar pasang tenda setiap hari dan dengan cara yang sama konsisten mereka lakukan. Bergitu setiap hari. Terus baru jualan online yang notabene ngandelin jempol dan sinyal internet Anda sudah bilang susah dan mau nyerah? MALU AH! :P

:) :) :) 

Saya tidak nyuruh dan maksa Anda untuk melakukan hal yang sama seperti saya yaitu berbisnis online. Tapi kalau dirasa pengalaman saya juga seperti yang Anda alami, silahkan putuskan sendiri. Mau mulai berbisnis online yang menghasilkan atau cuma jadi customer online yang melulu ngurangin penghasilan?


PILIHAN ADA DI TANGAN ANDA, BUKAN SAYA!


The end of story,





No comments:

Post a Comment

Setelah baca postingan saya, jangan lupa tinggalin jejak ya. Terima kasih :))